Rakanila Gali Ilmu di Radio SAI

Posted under FEATURES on : 30/08/2017 14:57:31


BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) -- Belasan kru Radio Kampus Universitas Lampung (Rakanila) mengunjungi Radio SAI 100 FM di kantor Harian Umum Lampung Post, Rajabasa, Bandar Lampung, Rabu (30/8/2017). Kunjungan ini dalam rangka pembelajaran tentang dunia penyiaran komersil.

 

Koordinator Penyiar Rakanila, Bagas Juliansyah mengatakan, UKM Rakanila ini sudah berdiri sejak 17 Januari 2000. Saat ini, Rakanila terus mengembangkan program-program siaran yang menyasar pendengar usia pelajar dan mahasiswa.
 

"Untuk musiknya lebih ke pop, tapi juga ada program musik daerah. Kalau program berita tidak banyak, ada program berita Sarapan Rakanila pagi pukul 8.00—10.00 berisi berita nasional dan seputar Lampung. Lalu, Rakanila News pada Sabtu, serta Menyapa Unila yang berisi berita-berita seputar kampus Unila,” ujar Bagas.


Menurutnya, kunjungan ke Radio ini merupakan program rutin, dalam waktu dekat kru Rakanila juga akan berkunjung ke RRI dan TVRI. "Ini untuk menambah ilmu dan pengetahuan kami tentang dunia penyiaran, seperti pilihan musiknya, menjalin kerjasama dengan label, lalu bagaimana menyusun program-program siaran yang disukai oleh pendengar," katanya. (Update Berita Lainnya di SAI 100 FM News & Entertainment)


Usai mendapatkan materi singkat tentang Lampung Post Media Centre yang disampaikan Manajer Marketing dan Komunikasi Lampung Post, Armalia, kru Rakanila berkunjung ke studio Radio SAI. Di studio, mereka disambut oleh Music Director Radio SAI Fandi Atmaja, News Director Arin Zahra, dan Admin Sosmed SAI Windi Shahab.

 

Fandi memaparkan tentang pemilihan musik sesuai pendengar Radio SAI yang akrab disapa Sobat SAI. Menurut Fandi, Radio SAI memutar lagu-lagu mulai tahun 1980-an hingga lagu-lagu baru 2017. "Radio SAI memutar lagu-lagu favorit dan lagu baru sehingga kami termasuk hits maker, bukan hits player yang hanya memutar lagu-lagu hit,” tuturnya. Sedangkan, Arin menjelaskan proses peliputan berita radio hingga editing untuk program News Flash dan SAI News. Windi menantang para kru Rakanila untuk membuat video selama 1 menit di studio SAI untuk diunggah ke Instagram sairadio100fm.