Baptiste Trotignon, Pianis Jazz Asal Prancis Konser di Indonesia

Posted under MUSIC on : 12/05/2016 12:58:58

Jakarta : Musisi asal Prancis, Baptiste Trotignon kembali melakukan tur Asia dengan berkolaborasi bersama musisi perkusi asal Argentina, Minino Garay. Di Indonesia, mereka akan mendatangi Jakarta, Bali, dan Balikpapan.

"Saya selalu terkesan dengan berbagai alat musik ritmis, seperti piano. Tantangan terbesar dalam memadukan piano dengan perkusi adalah ketiadaan bassist. Tangan kiri sayalah yang berperan sebagai 'basist'," ujar Trotignon melalui press rilis yang diterima Metrotvnews.com.

“Secara pribadi saya sangat suka konser duo karena di sinilah kami bisa mengeksplorasi komunikasi langsung antara dua individu. Selain itu, kehadiran perkusi menampilkan suara akustik yang sesungguhnya tanpa membutuhkan sound system," lanjutnya.

Bagi Trotignon, ini adalah sebuah kolaborasi sempurna seperti yang ia harapkan. Mereka akan tampil di Jakarta pada 16 Mei, Balikpapan pada 17 Mei, dan di Bali pada 18 Mei.

"Dalam konteks musikalitas, saya pianis yang menggemari musik-musik tradisional Amerika Selatan, sementara Minino adalah seorang maestro musik tradisional yang merambah ke dunia musik jazz. Sebuah kebetulan yang sempurna!" katanya.

Baptiste Trotignon adalah seorang musisi jazz sekaligus komposer. Tak hanya berkarier di Prancis, ia juga sempat mengeluarkan album di Amerika Serikat.

Nama Baptiste Trotignon mulai diperhitungkan tatkala ia menjuarai Best French Newcomer dalam Victoires du Jazz 2003 dan Grand Prix dalam ajang Kompetisi Internasional Jazz Martial Solal 2002. Selain itu, ia juga sempat mendapat penghargaan Django d'Or, dan Prix Django Reinhardt.

Lahir tahun 1974, Trotignon mulai bermain jazz sejak remaja. Di tahun 1994 ia bermain piano dan berakting dalam film Le Nouveau Monde karya sutradara Prancis Alain Courneau.

Di tahun 1998, bersama trio Clovis Nicolas (double bass) dan Tony Rabeson (drum), Trotignon merilis album berjudul Fluide dan Sightseeing.

Tahun 2003, ia merilis album solo yang berjudul Solo dan Solo II. Di tahun 2005 Trotignon berkolaborasi dengan saksofonis David El-Malek dan Aldo Romano dalam album Flower Power yang mengulik lagu-lagu pop tahun 1970-an.

Eksplorasi musik Trotignon pun merambah industri layar lebar ketika ia membuat score musik untuk film Sartre karya sutradara Claude Goretta yang terkenal dengan filmnya The Lacemaker (1977), The Invitation (1973) dan La Provinciale (1981).

Menyusul sukses di Prancis, Trotignon merilis “album Amerika” pertamanya, Share pada 2009. Disusul album Suite tahun 2010 yang berisi rekaman konser live di London.

Selama tahun 2012, selain tur konser di Prancis dan negara-negara Eropa lainnya serta Asia, ia menajamkan repertoarnya dengan merilis album berjudul Song Song Song di mana ia berkolaborasi dengan musisi ternama, antara lain Miossec dan Melody Gardot.

Pada saat bersamaan, konserto piano Different Spaces, karya orkestral pertamanya, terdaftar di Orkestra Nasional Bordeaux Aquitanine dan dimainkan pertama kali oleh pianis Nicholas Angelich. Karya tersebut mengantarkan Trotignon meraih predikat Composer of the Year dalam ajang Victoires de la Musique Classique.

sumber : MTVN