Dwiki Dharmawan Ditunjuk Sebagai Ketua Anugerah Musik Indonesia

Posted under MUSIC on : 23/06/2016 11:53:44

Jakarta: Ajang penghargaan bagi insan musik Indonesia, yakni Anugerah Musik Indonesia (AMI) memiliki sederet nama pengurus baru. Pemusik jazz yang juga anggota grup musik Krakatau, Dwiki Dharmawan dipilih menjadi ketua AMI periode 2016-2020.

Dwiki menggantikan posisi Tantowi Yahya yang sudah menjabat selama dua periode masa bakti kepengurusan AMI.

Nama-nama baru juga tampak dalam jajaran Board of Director AMI, mereka adalah Seno M. Hardjo, Imam Sastrosatomo, Dian Hadi Pranowo, Once Mekel, William Chow, Toto Widjojo, dan David Karto.

Sementara itu, Dewan Penasihat AMI terdiri dari Erwin Harahap, Dimas Wahab, Enteng Tanamal, Titiek Puspa, Adi Nugroho, dan Tantowi Yahya.

Lewat kepengurusanya, Dwiki akan melakukan sederet inovasi baru, antara lain perombakan sistem penjurian yang akan memaksimalkan teknologi digital.

"Nanti akan ada sidang kategorisasi lewat vote anggota. Tetapi yang pertama kami akan membuka web page register, musisi bisa mendaftarkan karyanya secara langsung melalui web AMI," kata Dwiki.

Setelah terkumpul karya musik yang didaftarkan dalam AMI 2016, para anggota Board of Director dan dewan juri akan menentukan kategori penganugerahan.

"Sebelum pertemuan sidang kategorisasi, juri akan diberi link karya-karya yang didaftarkan. Ada 25 juri, biasanya mereka akan 'berantem' demi musik Indonesia atau bisa juga menghasilkan kategori baru."

Suami Ita Purnamasari itu juga menegaskan bahwa ke depannya AMI akan terus disempurnakan dengan memanfaatkan teknologi demi kemudahan para musisi yang ingin mendaftar dan juga sistem penjurian. Sebab itu pula yang membuat AMI 2016 menggadang jargon "AMI Awards Goes to Digital."

"Kami akan mempermudah sistem dalam penyelenggaraan. Dalam acara malam anugerah, kami sudah bertemu dengan para mitra, kami ingin mengedepankan teknologi baru di atas panggung. Tentu musik yang akan ditampilkan adalah musik masa kini yang ditampilkan secara kreatif dengan teknologi dan kekuatan konten."

Sementara itu, musisi Once Mekel yang duduk di jajaran Board of Director mengakui, menyempurnakan AMI bukan hal yang mudah, mengingat beragamnya jenis musik yang ada di Indonesia.

"Saya melihat ini tidak mudah, ada banyak kekayaan musik Indonesia. Di zaman sekarang juga banyak sekali musisi muda yang bergerak, itu semua harus masuk dalam radar kita," kata mantan vokalis Dewa itu.

Selain menghadirkan musisi di jajaran Board of Director, terdapat pula nama David Karto yang selama ini dikenal sebagai pendiri label Demajors. Sebagaimana diketahui, Demajors saat ini menjadi label dan distributor musik yang kerap dicap independen atau sidestream.

Hadirnya David dalam jajaran Board of Director seperti memberi harapan bahwa AMI akan mengayomi musik Indonesia secara menyeluruh.

"Saya tidak memandang musik dari indie atau mainstream, posisi saya lebih kepada bisa untuk kerjasama menghadirkan musik Indonesia yang lebih baik ke depan," tukas David.

Malam puncak AMI akan digelar pada Rabu, 28 September 2016. Belum ditentukan lokasi penyelenggaraan acara ini.

SUMBER : MTVN